parenting

Demi Kandungan, Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil!

Tentu para calon ibu sudah tahu kalau ada beberapa nutrisi ibu hamil yang wajib dipenuhi. Tapi mungkin belum banyak yang tahu secara lebih dalam makanan apa saja yang wajib dikonsumsi selama masa kehamilan. Padahal, untuk memberikan yang terbaik bagi kandungan Anda harus mengetahui dengan jelas apa-apa saja yang wajib dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi yang diperlukan. Pada dasarnya, nutrisi yang perlu Anda lengkapi adalah karbohidrat, protein, lemak, serat dan vitamin, kalsium, zat besi, dan asam folat. Nah, makanan apa saja yang mengandung nutrisi tersebut? Baca terus ya!

Nutrisi ibu hamil
Nutrisi ibu hamil

 

  1. Daging Merah

Biasanya saat hamil, ibu sering kekurangan darah atau anemia. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa coba mengonsumsi daging merah yang kaya akan zat besi. Olah daging merah menjadi masakan yang lezat seperti semur daging, steak, atau sop. Meskipun begitu, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi hati, karena mengandung retinol yang bisa berbahaya untuk janin.

  1. Pisang

Kaki bengkak dan kram saat hamil bisa diatasi dengan buah yang satu ini. Yup, pisang mengandung potassium yang dapat mengatasi penahanan cairan penyebab bengkak dan kramnya kaki. Selain itu, serat jug bisa dari pisang juga bisa Anda manfaatkan untuk melancarkan buang air.

  1. Ubi

Ubi ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, ubi juga kaya akan antioksidan, vitamin B, C dan serat. Karbohidrat yang dikandung ubi juga dapat membuat ibu hamil kenyang lebih lama. Coba olah ubi dengan cara direbus atau dipanggang agar lebih nikmat disantap.

  1. Nasi Merah

Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah merupakan pilihan yang lebih baik untuk ibu hamil. Sebab nasi merah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu, nasi merah kaya akan serat, zat besi dan vitamin B. Vitamin B ini diperlukan untuk sistem saraf dan produksi sel darah merah. Bagaimana, tertarik untuk mengganti nasi putih Anda dengan nasi merah?

Nah, itu dia beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil, coba konsumsi secara rutin ya! Jangan lupa juga minta bantuan suami untuk menjadi ahli nutrisi agar konsumsi gizi harian Ibu bisa terpenuhi. Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s