Investasi bebas risiko

Adakah Investasi yang Bebas Risiko?

Banyak orang yang memilih jalan investasi reksa dana, saham, emas, dan sebagainya demi mewujudkan impiannya hidup nyaman saat tua. Namun, tidak semuanya berhasil memperoleh keberhasilan tersebut. Ada yang gagal karena memilih investasi yang salah dan justru menjadi korban penipuan, tapi ada juga yang mengalami kegagalan akibat risiko yang terjadi semasa investasi.

Yap, risiko memang menjadi faktor penghalang banyaknya orang masih ragu untuk melakukan investasi. Sebab, tidak ada yang tahu kapan datangnya, seperti apa, dan berapa kerugian yang ditimbulkan. Itulah alasannya, banyak orang yang pada akhirnya mudahh tertipu dengan penawaran investasi bodong yang cenderung hanya menawarkan keuntungan tanpa risiko. Namun, adakah investasi yang benar-benar tanpa risiko?

Investasi bebas risiko

Investasi bebas risiko

Jawaban sebenarnya adalah tidak ada. Namun, ada beberapa jenis investasi yang cenderung minim risiko sehingga aman dilakukan oleh Anda yang takut mengalami kerugian, yaitu:

  • Investasi emas

Harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun, sehingga kamu akan merasa lebih tenang jika berinvestasi di bidang ini. Tidak hanya itu, adanya tabungan emas yang membuat siapa pun bisa berinvestasi emas juga membuat investasi ini menjadi salah satu investasi yang sebaiknya dilakukan oleh anak muda. Inilah alasannya mengapa investasi ini memiliki banyak peminat dan menjadi salah satu jenis investasi yang cukup banyak dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab (investasi bodong). Nah, agar Anda tidak mengalami penipuan, ada baiknya jika Anda membelinya secara resmi di PT. Antam.

  • Investasi properti

Membeli rumah atau apartemen untuk investasi? Pasti butuh banyak modal. Memang sih, tapi kenyataannya banyak orang yang memilih properti untuk berinvestasi. Alasannya tidak berbeda jauh dari investasi emas, yaitu risiko turunnya harga sangat kecil bahkan bisa dibilang tidak mungkin terjadi. Meskipun begitu, bukan berarti investasi ini bebas risiko karena yang namanya properti rentan terkena musibah. Seperti kebakaran, rusak akibat gempa, dan musibah lain akibat bencana alam.

Meskipun kedua investasi tersebut memiliki risiko minimalis, tapi ada satu hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menginvestasikan uang Anda di sana, yaitu terkait likuid atau tidaknya invesyasi tersebut. Yap, kedua investasi tersebut memiliki sifat yang tidak likuid, artinya tidak mudah diuangkan saat Anda membutuhkan dana tunai. Selain itu, investasi di kedua bidang tersebut akan lebih terasa jika dijadikan investasi jangka panjang.

Nah, setelah mengetahuinya, apa Anda tertarik mencoba kedua investasi yang minim risiko tersebut? (Vita)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s