Finansial

Tips Melakukan Bisnis Jasa Titip untuk Pemula

Kamu pernah membeli barang di luar negeri atau di suatu toko dengan cara menitip pada orang yang tengah bepergian ke sana? Kalau pernah, berarti kamu sudah tidak asing lagi dengan bisnis jasa titip alias Jastip. Ya, bisnis ini memang tengah naik daun beberapa tahun belakangan. Bagaimana tidak, tanpa modal besar pun, atau tanpa pinjaman uang dari bank seperti bisnis pada umumnya, kamu bisa mendapatkan untung yang besar. Belum lagi, kamu bisa melakukannya sambil sekalian beli oleh-oleh atau belanja saat jalan-jalan, jadi tidak akan terasa terbebani.

Bisnis Jasa Titip
Bisnis Jasa Titip

Bisnis jasa titip pun tidak harus selalu untuk barang-barang luar negeri saja, lho. Beberapa juga ada yang membuka jasa titip untuk barang-barang di toko di Indonesia, seperti miniso atau IKEA. Nah, buat kamu yang hobi jalan-jalan atau belanja dan ingin mencoba melakukan bisnis Jastip, intip dulu beberapa tipsnya berikut ini:

Sumber Modal Bisnis

Modal bisnis biasanya jadi salah satu faktor penting yang harus dipikirka baik-baik saat akan memulai bisnis. Bila pada bisnis umumnya modal bisnis didapatkan dari pinjaman uang bank, maka di bisnis Jastip ini kamu tidak perlu serepot itu. Ini karena kamu bisa langsung menggunakan uang kamu sendiri, atau langsung menggunakan uang dari konsumenmu. Tentu saja ini bisa disesuaikan dengan anggaran alias tabungan milikmu.

Pahami Cara Bisnis Jastip

Agar bisnis jastipmu bisa sukses, maka kamu harus paham betul bagaimana cara menjalankan bisnis ini. Mulai dari bagaimana sistem pembayarannya, apakah pembeli melakukan transfer terlebih dahulu atau menggunakan uangmu terlebih dulu, apakah pembeli harus membayar secara penuh atau perlu DP-nya saja, dan sebagainya.

Menawarkan ke orang-orang

Tanpa pembeli apalah artinya bisnis jasa titip. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah “menjaring pembeli”. Kamu bisa mulai dari teman-teman kantor atau grup wassap misalnya, atau kamu bisa juga membuat akun media sosial khusus untuk bisnis jastipmu.

Transparasi harga barang

Salah satu faktor agar bisnis bisa berjalan lama adalah kepercayaan antara penjual dan pembeli, salah satunya adalah dengan transparasi harga. Kamu harus memberitahukan harga asli barang tersebut serta harga jasa yang kamu tetapkan sebagai keuntunganmu. Dengan begitu, pembeli pun jadi lebih percaya denganmu.

Itu tadi beberapa tips untuk memulai bisnis jasa titip bagi pemula sepertimu, semoga bermanfaat! (raw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s