Liburan Ekonomis Buat yang Tidak Mudik Lebaran

Mudik atau pulang ke kampung halaman memang sudah menjadi tradisi ketika libur lebaran tiba. Namun, tak semua orang cukup beruntung untuk mudik. Ada berbagai alasan yang dapat membuat seseorang jadi tidak bisa mudik, di antaranya adalah budget yang terbatas. Ya, mudik memang memerlukan biaya yang cukup besar. Apalagi jika lokasi yang dituju jauh. Sebenarnya Anda bisa melakukan pinjaman tunai untuk menutupi kekurangan biaya mudik. Namun, tak semua orang mau untuk mengajukan pinjaman. Terlebih bagi orang yang kerap memisahkan arus khas pribadi dan bisnis karena dianggap penting, maka akan memikir dua kali untuk melakukan pinjaman pada pihak perbankan ataupun pemberi pinjaman.

Mudik

Mudik , foto: Okezone

Tapi tak perlu khawatir, ada banyak hal seru dan ekonomis yang bisa Anda lakukan meski tak mudik lebaran. Coba lakukan beberapa kegiatan di bawah ini!

  • Staycation di Hotel

Ketika orang-orang berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, Anda juga bisa kok menikmati quality time bersama keluarga kecil dengan melakukan staycation. Staycation merupakan istilah dari gabungan kata stay dan vacation yang berarti berlibur tanpa meninggalkan kota tempat tinggal. Pasti Anda dapat menemukan hotel yang cukup ekonomis tapi memiliki fasilitas yang bagus untuk keluarga. Selain lebih ekonomis, staycation di hotel juga dapat memberikan waktu istirahat lebih lama.

  • Jelajah kuliner di pecinan

Di beberapa kota termasuk Jakarta dan Tangerang terdapat kampung pecinan. Nah, di sini Anda bisa bebas berwisata kuliner sambil menikmati suasana khas Tionghoa yang khas. Rasa makanan yang ada di pecinan juga sudah tak perlu diragukan. Berbagai macam makanan seperti kwetiauw, dim sum, bubur, bakmi, dan lain-lain siap memanjakan lidah!

  • Jalan-jalan ke taman kota

Di hari biasa, mungkin Anda tidak pernah sempat untuk mengunjungi taman kota yang ada. Oleh karena itu, manfaatkanlah liburan kali ini untuk berlibur ke taman. Di Jakarta terdapat beberapa taman Indah yang mungkin akan lebih sepi ketika libur lebaran. Jika tidak terlalu ramai, tentu Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di taman dengan lebih nyaman.

  • Pergi ke museum

Liburan ke museum juga bisa jadi menyenangkan. Apalagi sekarang di Jakarta sudah terdapat beberapa museum modern yang artsy. Cocok untuk berburu foto. Selain menghibur, jalan-jalan ke museum juga dapat memperluas wawasan Anda, lho.

Bagaimana, ternyata masih banyak kan hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan meski tak berkesempatan untuk mudik lebaran? (Rima)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s