Peak Flow Meter untuk penderita asma

Kegunaan Flow Meter dalam Bidang Kesehatan

Flow meter Indonesia adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa aliran material seperti udara atau gas maupun cairan. Dengan kegunaan seluas itu, produk ini dapat diaplikasikan ke dalam sejumlah prosedur pengobatan atau pengaturan alat-alat medis. Ya, flow meter dalam dunia kesehatan bermanfaat untuk mengukur seluruh aliran material yang dapat diatur oleh alat ini. Lalu, apa sajakah kegunaan flow meter dalam bidang kesehatan? Simak penjelasannya berikut!

Peak Flow Meter untuk penderita asma

Peak Flow Meter untuk penderita asma

  • Pengobatan penyakit asma

Dilansir dari situs Medicalogy, flow meter untuk mengukur massa aliran udara digunakan sebagai pengobatan pada penderita asma. Penyakit ini merupakan gangguan pernapasan yang bersifat alergis. Sehingga, penderitanya memerlukan alat bantu pernapasan untuk memantau tingkat aliran ekspirasi (PEF) sekaligus menjaganya dari gangguan pernapasan yang mungkin timbul. Adapun flow meter yang digunakan oleh penderita asma bernama Peak Flow Meter.

  • Pengaturan tabung oksigen

Flow meter untuk mengukur massa aliran gas dalam dunia medis digunakan pada tabung oksigen serta perangkat bantuan pernapasan lainnya. Pada tabung oksigen, alat ini berfungsi untuk mengatur jumlah aliran oksigen yang dirilis menuju selang udara yang dikenakan oleh pasien. Sedangkan pada perangkat bantuan pernapasan lainnya, flow meter digunakan di alat inhalasi udara saat prosedur pertolongan pertama pasien hipoksia (yang mengalami kekurangan oksigen).

  • Pengecekan aliran darah

Melansir Flow Meters UK, flow meter untuk mengukur massa aliran cairan dalam dunia medis dimulai saat adanya permintaan untuk membuat alat substitusi perekam aliran darah pada sistem sirkulasi manusia. Dengan demikian, flow meter ini berfungsi untuk mengukur aliran darah dalam tubuh manusia. Walau begitu, saat ini tujuan tersebut belum tercapai sepenuhnya. Sebab, flow meter aliran darah baru dapat mengukur aliran darah di masing-masing pembuluh darah juga arteri saja, belum secara keseluruhan tubuh. Flow meter yang digunakan untuk fungsi ini ialah tipe ultrasonik, dengan bantuan teknologi elektromagnetik yang disandingkan dengan elektroda kapasitif,

Ternyata flow meter memiliki banyak kegunaan bahkan dalam bidang medis, ya? Namun karena berkaitan dengan kesehatan, tentu saja akurasi flow meter harus sangat diperhatikan. Itulah sebabnya menentukan salah satu dari 3 instalasi pemasangan flow meter yang akan digunakan harus sangat diperhatikan. Demikianlah uraian tentang penggunaan alat tersebut pada bidang kesehatan. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Tinggalkan komentar