Kesehatan · Uncategorized

Awas, Heartburn dan Heart Attack Tidaklah Sama

Memiliki nama yang serupa dan sama-sama menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman di bagian dada, membuat banyak orang berpikir bahwa kedua penyakit ini sama. Padahal sebenarnya, heartburn adalah penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. Artinya jika Anda menghindari berbagai penyebab asam lambung naik, Anda bisa saja terhindar dari heartburn.

Heartburn dan heart attack berbeda
Heartburn dan heart attack berbeda

Lalu apa kaitannya dengan jantung? Kenapa dinamakan heartburn? Nah, supaya kedua pertanyaan ini bisa dijawab dengan lebih jelas, langsung saja yuk kita baca pembahasannya berikut ini: (Sc: klikdokter)

  • Heartburn

Sesuai dengan yang dijelaskan di atas, heartburn adalah kondisi di mana penderitanya merasakan sensasi panas pada area dada akibat dari naiknya asam lambung ke esofagus. Lokasi munculnya sensasi panas ini berada di area dada di mana organ jantung berada, itulah ssebabnya penyakit ini disebut dengan heartburn. Namun jika kondisi GERD (naiknya asam lambung) ini sudah cukup panas, maka sensasi panas bisa terasa hingga ke area tenggorokan.

Untuk mencegah munculnya heartburn, Anda harus menghindari penyebabnya, yaitu penyakit GERD. Begitu pula untuk pengobatannya, Anda harus mengobati GERD dan melakukan berbagai hal yang bisa percepat sakit lambung barulah heartburn ini akan hilang.

  • Heart attack

Heart attack atau yang lebih dikenal dengan serangan jantung adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat dari aliran darah yang tersumbat sehingga jantung tidak mendapatkan asupan darah yang cukup. Untuk kondisi ini, masalah benar-benar terdapat di organ jantung, berbeda dengan heartburn. Untuk mengatasi heart attack, Anda harus melakukan berbagai hal yang baik untuk kesehatan jantung. Misalnya rutin berolahraga serta menghindari makanan tinggi lemak dan kolesterol.

Kedua penyakit yang berbeda, tentulah akan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Penanganan yang salah akan menyebabkan penyakit ini tidak tertangani dengan baik dan justru bisa semakin memperparah kondisi Anda. Sayangnya, beberapa gejala dari penyakit ini tidak berbeda, yaitu munculnya rasa tidak nyaman atau nyeri pada bagian dada. Agar Anda tidak salah dalam menangani penyakit yang diderita, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter ketika menemukan gejala tersebut dan pastikan untuk memberitahukan pada dokter semua gejala yang Anda rasakan. Hal tersebut penting untuk membantu dokter mengambil tindakan yang tepat. (Vita)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s