Membuat jus pada masa kehamilan

Tips Membuat Jus Selama Masa Kehamilan

Memenuhi nutrisi untuk ibu hamil tentunya sangat penting. Ada banyak yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jus untuk ibu hamil yang mengandung nutrisi buah-buahan yang baik untuk ibu dan sang janin. Cara ini banyak dipilih oleh calon Ibu karena mudah dibuat sendiri di rumah dan bahkan terdapat produk jus instan yang bisa ditemukan di pasar swalayan.

Nah, buat para calon ibu yang ingin mencoba membuat jus sendiri di rumah, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelumnya.

Membuat jus pada masa kehamilan

Membuat jus pada masa kehamilan

Buah dan sayur organik

Untuk mengurangi paparan toksin atau racun pada janin, sebaiknya pilihlah buah-buahan atau sayuran organik sebagai bahan jus. Ini karena, beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan toksin sejak dini pada janin melalui makanan dapat berpengaruh pada daya ingat dan kemampuan belajar anak. Sayuran atau buah yang terpapar pestitida tentunya memiliki tingkat racun yang lebih tinggi karena itu, akan lebih baik bila menghindari mengonsumsinya. Tidak hanya itu, jangan lupa pula untuk memilih buah dan sayuran yang memang bagus untuk periode kehamilan karena tidak selamanya jus itu menyehatkan jika buah yang dipilih bisa membahayakan kehamilan.

Bersihkan buah dengan teliti

Cuci buah dan sayur dibawah air mengalir, bila perlu gosok bagian buah dengan sikat kecil untuk menghilangkan sisa tanah dan kotoran lainnya dari kulit buah. Singkirkan juga bagian buah dan sayur yang terlihat busuk atau rusak untuk menghindari bakteri yang mungkin ada di dalamnya.

Sering-sering ngejus

Jus berguna untuk memenuhi nutrisi yang tidak bisa didapatkan oleh ibu hamil dari multivitamin atau suplemen. Karena itulah, disarankan untuk sering-sering membuat jus buah atau sayur untuk dapat memenuhi kebutuhan nutirisi tersebut. Konsumsilah setidaknya 1 gelas jus setiap harinya

Jahe

Ada banyak manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan dari jahe, misalnya saja membantu mengurangi rasa mual dan kelelahan yang biasa dirasakan di pagi hari. Cukup tambahkan sekitarĀ  2cm ruas jahe untuk setiap gelas jus dan rasakan manfaatnya!

Lebih dari sekedar buah dan sayur

Untuk mendapatkan nutrisi dan manfaat lebih, sebaiknya tambahkan juga beberapa bahan lain ke dalam jus. Misalnya saja yogurt yang bermanfaat untuk sistem pencernaan.

Setelah selesai membuat jus, sebaiknya segera konsumsi untuk mendapatkan manfaatnya. Perlu diingat juga, meski jus dapat membantu memenuhi nutrisi yang diperlukan, bukan berarti ini dapat menggantikan suplemen multivitamin lain yang diperlukan selama masa kehamilan. (raw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s