otomotif

Teknik untuk Sukses Menjual Alat Berat

Menjadi seorang sales alat berat yang andal tidak hanya membutuhkan pengalaman serta pengetahuan yang menyeluruh mengenai produk yang dijual, namun juga teknik yang baik. Ini tidak lepas dari tingginya persaingan pada bisnis jual beli alat berat yang tentu saja menjadikan pekerjaan para sales alat berat menjadi lebih berat. Namun, dengan teknik yang baik dan tepat, sukses menjual produk dan spare part atau suku cadang dari alat berat bukanlah hal yang mustahil lagi.

Berbeda dengan profesi operator alat berat yang menggunakan training untuk melatih kemampuan, teknik menjual alat berat ini terkadang harus dipelajari dan dipahami sendiri. Lalu, bagaimanakah teknik yang baik dan tepat itu? Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai teknik sukses menjual alat berat yang mungkin bisa membantu Anda sebagai sales alat berat.

Penjualan alat berat
Teknik menjual alat berat

Presentasi simpel dilengkapi dengan gambar dan diagram

Untuk dapat menjual alat berat dengan harga yang mahal bukanlah hal yang mudah. Baik calon konsumen yang baru pertama kali akan menggunakan alat berat maupun konsumen yang sudah menggunakan merk lain atau brand kompetitor, tentunya menginginkan sesuatu yang bisa meyakinkan mereka. Mereka yang sudah pernah menggunakan merk lain tentunya sudah mengetahui seluk beluk alat berat, sehingga sebenarnya tidak diperlukan presentasi yang detail dan rumit. Cukup sesuatu yang simpel namun mudah dimengerti, misalnya saja dengan bantuan gambar atau diagram yang dapat membantu penjelasan Anda.

Langsung pada point dan kebutuhan calon konsumen

Sebelum Anda mulai melakukan presentasi kepada konsumen, ada baiknya bila Anda sudah mengetahui apa kebutuhan mereka. Misalnya saja proyek yang dikerjakan, jenis alat berat, dan sebagainya. Dengan begitu, saat Anda melakukan presentasi Anda sudah tahu point-point apa yang hendak Anda tawarkan dan tidak keluar dari point tersebut. Ingat, calon konsumen hanya ingin  membeli apa yang mereka butuhkan, sehingga mereka tidak akan tertarik dengan point-point lainnya.

Selalu update website

Website merupakan pintu bagi calon konsumen untuk melihat produk-produk Anda dan bagian penting dari penjualan alat berat. Karena itulah, selalu perbarui atau lakukan update mengenai produk-produk baru di dalam website, serta promo dan diskon yang ditawarkan. Ini tentunya akan menarik calon konsumen untuk membeli produk alat berat dari perusahaan Anda dan semakin mempermudah pekerjaan Anda.

Manfaatkan media sosial untuk promosi

Media sosial merupakan media promosi yang sangat berpengaruh. Hampir setiap produk yang ada di pasaran saat ini menggunakan media sosial untuk promosi, begitu juga alat berat.  Manfaatkanlah media sosial untuk membangun image Anda sebagai seorang sales alat berat. Sehingga ketika seseorang atau suatu perusahaan hendak membeli atau menggunakan alat berat maka Andalah orang pertama yang ada di pikiran mereka.

Semoga beberapa tips teknik sukses menjual alat berat tadi bisa membantu. (raw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s