otomotif · Uncategorized

Membersihkan Alat Berat dengan Water Pressure

Pemilik alat berat pastinya sudah sangat mengerti tentang pentingnya merawat alat berat dan spare partnya demi menjaga kondisi mesin tetap prima. Ada beberapa yang memilih untuk melakukan perawatan sendiri, namun ada juga yang meminta bantuan pada teknisi alat berat profesional untuk merawat alat berat milik mereka. Cara menjaga dan merawat alat berat ini sebenarnya tidaklah sulit, namun harus dilakukan secara berkala. Misalnya saja dengan mengolesi minyak pada beberapa bagian spare part serta membersihkan bagian-bagian alat berat. Membersihkan alat berat pun merupakan hal yang penting dan harus dilakukan secara berkala. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh debu dan sisa material yang menempel dan menumpuk pada permukaan alat berat. 

Membersihkan alat berat dengan water pressure
Membersihkan alat berat dengan water pressure

Membersihkan alat berat bisa dilakukan sendiri atau juga dengan meminta bantuan profesional yang tentunya dengan biaya yang lumayan. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan power wash atau high pressure cleaner. High pressure cleaner adalah cara membersihkan dengan menggunakan air yang didorong dengan tekanan yang tinggi. Membersihkan dengan air bertekanan tinggi ini biasa dilakukan untuk membersihkan tidak hanya alat berat namun juga motor, mobil, teras rumah.

Bila Anda berniat untuk membersihkan mesin atau alat berat dengan menggunakan high pressure ini, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Cara mengoperasikan

Untuk mengetahui cara mengoperasikannya, Anda harus membaca buku manual atau panduan terlebih dulu. Karena terkadang, beda alat atau brand terdapat sedikit juga perbedaan dalam mengoperasikannya. Namun secara garis besar cukup mudah, cukup tekan tombol Start atau Go pada mesin kemudian arahkan selang pada bagian yang akan dibersihkan. Atur tekanan pada mesin dengan memutar ujung selang.

Bagian yang dibersihkan

Arahkanlah selang secara tepat pada bagian dari alat berat yang akan dibersihkan. Biasanya adalah tempat di mana biasanya banyak debu menempel seperti di bagian bawah alat berat.

Gunakan deterjen

Bila perlu, Anda juga bisa mencampurkan deterjen dengan air untuk mendapatkan busa yang berguna membersihkan debu dengan lebih efektif. Namun perlu diingat, bersihkan bekas busa ini secara benar agar tidak tertinggal dan menempel di alat berat.

Air hangat

Gunakanlah air hangat untuk membersihkan alat berat lebih cepat. Namun hati-hati, jangan sampai air yang digunakan terlalu panas karena justru akan merusak permukaan alat berat tersebut.  (RAw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s